Definisi Komputer
Sumber:Dari Wikipedia bahasa
Indonesia, ensiklopedia bebas
Bagian-bagian
Komputer Personal.
1: Monitor
2: Papan induk
3: Pemroses
4: Slot ATA
5: Memori Akses Acak (MAA)
6: Slot PCI
7: Catu Daya
8: Tempat cakram optik
9: Cakram keras
10: Papan Tombol
11: Tetikus
1: Monitor
2: Papan induk
3: Pemroses
4: Slot ATA
5: Memori Akses Acak (MAA)
6: Slot PCI
7: Catu Daya
8: Tempat cakram optik
9: Cakram keras
10: Papan Tombol
11: Tetikus
Komputer adalah alat
yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Dalam arti
seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator
mekanik mulai dari abakus dan seterusnya,
sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun
sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan
beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer
secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart
Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian
menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama
Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan
artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin
hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin
sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai
komputer.
Daftar
isi
|
jenis
Sekalipun
demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa
memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer
modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat
menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer
dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun
barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda),
dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang
akan kita ciptakan pada masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu
pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali
komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal.
Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa
suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat
definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap,
dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan
di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah
perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Komputer benam
Pada sekitar 20
tahun yang lalu , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video,
PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik
lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi
syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini
seringkali dibuat secara langsung di dalam chip
ROM
yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus
lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer).
Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang
maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari
sistem yang lebih besar seperti telepon, oven
mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk
berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer,
dan komputer pribadi
(PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
Komputer
pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer
yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak
akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang
memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih
spesifik dan tepat.
komputer bekerja
Saat teknologi
yang dipakai pada komputer digital sudah berganti
secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an
(lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk
lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an
oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan
empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
RAM
Di sistem ini, memori
adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel"
atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil
informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data
yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin
berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian
menjadi perintah.
Memori
menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum,
memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai
papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku
tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran
masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke
komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat -
dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian
pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke
setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pengolah
Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan,
melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti
input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Contoh sebuah CPU
dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan
kaki-kakinya.
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang
melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan
(misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit
inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang
dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat
kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah
itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang
terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di
slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang
memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi
lain).
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan
informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk
fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari
yang akrab keyboard,
monitor dan disk
drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki
oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode
(mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data
yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh
pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem
pengolah data.
Instruksi
Perintah yang
dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya
mempunyai perintah sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik.
Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel
123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042,
dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0,
perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi
diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin
menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh
komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya,
orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa
mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi
lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada
prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa
tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit
Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori komputer
ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS. Alat yang
menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem
(misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa
komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka
mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari
komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah
dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah
berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
computer
Progam
komputer adalah daftar
besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam
tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah
itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada
tahun2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan
luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi,
mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai,
pemrogram. "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk
melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat
set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini,
kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini
biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda. Pada kenyataannya, UPS
melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS
beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang
kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini
menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan
memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah
rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya
menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
System operasi ialah semacam
gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat
dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah
bertahun-tahun, pemrogram akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi,
menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti
memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis
kepada program lain, seperti kode (penggerak) yang membolehkan pemrogram untuk
menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat
elektronik yang terhubung.
Penggunaan komputer
Komputer
digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk
pembuatannya. Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan
perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain
untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri),
menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom
hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang
dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam
lebih dari satu juta kartu
punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal).
CSIR
Mk 1/CSIRAC,
komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat
penampungan dari Snowy
Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik
besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik
digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris
awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur,
memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di
pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan
banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya
dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan
inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai
komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka
dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan
pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan
tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan
besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai
perkebunan server.
Dengan penemuan
mikroprosesor di 1970-an,
menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC
menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan
mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan e-pos
dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer
dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus,
komputer kecil, biasanya dengan mengatur memrogram, mulai menemukan cara mereka
ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan
perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu
yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk
kejadian, perkembangan anti-kunci
rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat
listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi
pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini
cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian komputer
Komputer
terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat lunak
- Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. - Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
0 komentar:
Posting Komentar